MATERI ALGORITMA PEMOGRAMAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala atas Rahmat dan HidayahNya Penysun dapat menyelesaikan penyusunan Buku Ajar Mata Kulialh Logika dan Algoritma ini. Penyusun menyadari, bahwa tanpa bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, sulit rasanya penyusun dapat menyelesaikan penyusunan prangkat pembelajaran ini. Oleh karena itu penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1. Rektor Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo.
2. Civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo yang telah memberikan kesempatan, dukungan kepada penyusun Buku Ajar untuk melaksanakan perkuliahan di Fakultas Sains dan teknologi. Semoga kebaikan dan bantuan beliau diberikan balasan oleh Allah SWT dengan balasan yang terbaik.
3. Rekan-rekan dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy yang turut membantu atas terselesaikannya buku ajar ini, keluarga serta semua pihak yang selalu memberikan dukungan dan do’a. Semoga amal baik yang telah diberikan kepada penyusun mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah SWT.
Penyusun menyadari bahwa buku ajar ini masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstruktif sangat diharapkan demi penyempurnaan laporan ini. Akhir kata, semoga perangkat pembelajaran ini dapat memberikan manfaat, walaupun sekecil dzarrah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Situbondo, Agustus 2018
Penyusun
Abd. Ghofur, M.Kom.
BAB 1
Pengertian Dasar Logika Dan Algoritma
Sejarah Algoritma
Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M
A. Algoritma
Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
Urutan logis pengambilan putusan untuk memecahkan masalah urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang
dituangkan secara tertulis.
Alur pikiran yang artinya algoritma seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain.
tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.
Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.
Note:
Algoritma Di butuhkan untuk memerintah computer mengambil langkah- langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah
Algoritma Pemrograman Program
Agar algoritma dapat memerintah (diproses) komputer, maka dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).
Penulisan Algoritma :
1. Menggunakan bahasa natural (Bahasa manusia: Indonesia, Inggris) Kelemahannya masih sering membingungkan (ambigu) / sulit dipahami.
2. Menggunakan Flowchart
Baik karena alur algoritma dapat dilihat secara visual, tetapi repot pembuatannya jika algoritma panjang
3. Menggunakan Pseudocode
Sudah dekat dengan bahasa pemrograman, tetapi sulit dimengerti oleh orang yang belum tahu pemrograman
B. Tahap Analisa Algoritma
1. Bagaimana merencanakan algoritma
Dengan Mendefinisikan masalah.
Contoh : Permasalahan menghitung luas lingkaran,
dengan data yang diketahui adalah diameter lingkaran. Rumus : ∏ . r2 dengan Phi = 3.14 atau 22/7.
2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma (menulis algoritma)
Dengan flowchart / diagram alir
Program Flowchart
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
1. Simbol yang digunakan :
2. menunjukkan awal dan akhir dari program
3. memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter
4. menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data
|
5. menunjukkan proses input
atau output
6. untuk mewakili operasi perbandingan logika
7. proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/
fungsi
8. penghubung pada halaman yang sama
9.
enghubung pada halaman yang berbeda
Contoh :
Atau flowchart yang dibuat dengan program raptor
Dengan psudocode
suatu cara penulisan algoritma agar ide dan logika dari algoritma dapat disampaikan/diekspresikan menggunakan gaya bahasa pemrograman pemrograman tertentu.
Dengan statement program /penggalan program :
Dari algoritama yang telah dibuta dapat diterjemahkan ke dalam
Statemen program C++ sebagai berikut :
1
|
#include <iostream>
| ||
2
| |||
3
|
using namespace std;
| ||
4
| |||
5
|
int main()
| ||
6
|
{
| ||
7
|
float phi = 3.14;
| ||
8
|
float Diameter, Radius, Luas_Lingkaran;
| ||
9
|
cout << "Masukkan Nilai Diameter : ";
| ||
10
|
cin >> Diameter;
| ||
11
|
Radius = Diameter / 2;
| ||
12
|
Luas_Lingkaran = phi * Radius * Radius;
| ||
13
|
cout << "Luas Lingkaran adalah :
|
"
|
<<
|
14
|
Luas_Lingkaran;
| ||
15
|
return 0;
|
}
3. Bagaimana validitas suatu algoritma
4. Bagaimana menganalisa suatu algoritma
5. Bagaimana menguji program dari suatu algoritma
Studi Kasus :
Buatlah Algoritma untuk memilih bilangan terbesar dari 3 buah bilangan
?
Dengan Bahasa Natural
1. Memasukkan bilangan pertama
2. Memasukkan bilangan kedua
3. Memasukkan bilangan ketiga
4. Ambil bilangan pertama dan set maks sama dengan bilangan pertama
5. Ambil bilangan kedua dan bandingkan dengan maks
6. Apa bila bilangan kedua lebih besar dari maks, set maks sama dengan bilangan kedua
7. Ambil blangan ketiga dan bandingan dengan maks
8. Apabila bilangan ketiga lebih besar dari maks, set maks sama dengan bilangan ketiga
9. Variabel maks berisi bilangan terbesar
10. Tampilkan hasil bilangan terbesar
11. Selesai
Dengan Flowchart
Dengan Pseudo-code
Input (Bilangan_pertama)
Input (Bilangan_kedua) Input (Bilangan_ketiga) maks bilangan_pertama
if (maks < bilangan_kedua) then maks bilangan_kedua
if (maks < bilangan_ketiga) then maks bilangan_ketiga
output (maks)
End.
Dengan Bahasa Pemrogaraman C++
1 #include <iostream>
2
3 using namespace std;
4
5 int main()
6 {
7 int Bilangan_pertama, Bilangan_kedua,
8 Bilangan_ketiga, maks;
9
10 cout << "Masukkan bilangan yang pertama : ";
11 cin >> Bilangan_pertama;
12 cout << "Masukkan bilangan yang kedua : ";
13 cin >> Bilangan_kedua;
14 cout << "Masukkan bilangan ketiga : ";
15 cin >> Bilangan_ketiga;
16
17 maks = Bilangan_pertama;
18 if (maks < Bilangan_kedua) {
19 maks = Bilangan_kedua;
20 }
21 if (maks < Bilangan_ketiga) {
22 maks = Bilangan_ketiga;
23 }
24 cout << "Bilangan terbesar adalah : " << maks;
25 return 0;
}
C. Tahap Proses Uji Algoritma
1. Pengujian Tahap Debuging
Untuk mengecek kesalahan program, Baik sintaksis maupun logika.
2. Pengujian tahap profiling.
Untuk menentukan waktu tempuh dan banyak nya memori program yang digunakan.
D. Analisis Algoritma
Untuk melihat effisiensi dan efektifitas dari suatu algoritma, dapat dilihat dari:
1. Waktu Tempuh dari Suatu Algoritma
2. Jumlah memori yang digunakan
E. Sifat-sifat Algoritma
Aspek Penting Algoritma :
1. Finite algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
2. Definite setiap langkah didefinisikan secara tepat, tidak boleh membingungkan (ambigu)
3. Input sebuah algoritma memiliki nol/lebih input sebelum
dijalankan
4. Output algoritma memiliki satu/lebih output, yang biasanya bergantung kepada input
5. Effective setiap algoritma diharapkan memiliki sifat efektif. (setiap langkah harus sederhana
dan sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk
akal)
Langkah-langkah yang membentuk suatu algoritma dapat dibagi menjadi 3 kelompok proses:
1. Sequence Process instruksi dikerjakan secara berurutan satu persatu dimulai dari langkah pertama sampai terakhir.
2. Selection Process instruksi pemilihan proses (percabangan),
sehingga apabila memenuhi persyaratan tertentu maka instruksi akan dikerjakan.
Contoh : jika pembayaran tunai diberi diskon 10%
Jika dilakukan secara redit maka diskon 0 %.
(dalam pernyataan diatas, hanya boleh melakukan 1 instruksi dari 2 alternatif instruksi.
3. Iteration Process suatu instruksi yang dikerjakan berulang-ulang selama beberapa kali selama masih memenuhi suatu kondisi.
Tugas 1 :
Buatlah algoritma (dengan bahasa natural, Flowchart, pseudocode, dan program C++):
1. Menampilkan bilangan ganjil dari 1 sampai dengan 10.
2. Menghitung jumlah deret : 1 + 2 + 3 + 4 + .... + N
N = jumlah maksimum suatu nilai yang dimasukkan.
BAB 2
Konsep Algoritma
KONSEP ALGORITMA
Studi Kasus:
Algoritma TUKAR ISI BEJANA
A B Diberikan dua buah bejana A dan B,
bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru.
Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi
larutan
berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.
algoritma :
Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
Apakah cara di atas BENAR ?
Apakah hasil yang didapat sesuai dengan penyelesaian masalah? Apa hasil yang didapat ?
Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar.
Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran
kedua larutan tersebut.
Penyelesaian :
Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C.
A B C Algoritma yang menghasikan pertukaran yang benar sebagai berikut:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B. TUGAS 2 :
1. Seorang Petani akan berpergian ke kota dengan membawa seekor kambing, Anjing dan Rumput Yang ketiganya memliki berat yang tidak jauh berbeda, ditengah jalan petani harus menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu dan untuk melaluinya petani tersebut tidak diperbolehkan membawa sekaligus bawaannya mengingat kapasitas kekuatan perahu tersebut, dan untuk melaluinya petani harus membawa satu persatu bawaannya. Ditanya: berapa kali petani tersebut harus melalui sungai dengan memperhatikan bahwa kambing makan rumput, anjing makan kambing ?.
Buatlah Algoritma Dengan Bahasa Natural dan flowchart dokumen Dari
Cerita di atas!
2. Bagaimana caranya untuk menyeberangkan tiga orang missionaris yang sedang dikejar oleh Tiga orang kanibal ke sisi pulau yang ada diseberangnya
Dengan catatan : Bila misionarisnya Lebih sedikit dari dari kanibal, maka
misionaris tersebut akan dimakannya.
Buatlah Algoritma Dengan Bahasa Natural dan flowchart dokumen Dari
Cerita di atas!
3. Seorang siswa mendaftar santri baru pada bagian registrasi, setelah menyelesaikan penulisan biodata santri, siswa tersebut di diperkenankan untuk pindah ke bagian seleksi untuk diuji baca alQur’an, jika ujian
alQur’an lulus maka siswa tersebut melanjutkan ke bagian asrama untuk menentukan asrama, jika ujian alqur’an tidak lulus maka siswa tersebut berstatus waiting list (daftar tunggu ) dan bisa kembali 1 minggu setelahnya.
Dari cerita di atas lakukan analisa dan buatlah :
a. Flowchart Proses
b. Flowchart Dokumen
c. Flowchart dengan program Raptor!
d. Program dengan bahasa C++
Tidak ada komentar:
Posting Komentar